ANALISIS ASSESMENT PERKEMBANGAN SENI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A TK INDRIYASANA SAMBILEGI MAGUWOHARJO YOGYAKARTA

Authors

  • Rahimah Author

DOI:

https://doi.org/10.58791/tadrs.702.64%25g%25f

Abstract

Abstract

 

Penelitian ini dilakukan di TK Indriyasana Sambilegi Maguwoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk melihat assesment guru pada perkembangan seni anak dan mengetahui kebutuhan serta meningkatkan perkembangan anak khususnya dalam perkembangan seni serta membuat rencana cara/strategis menstimulsinya sesuai dengan tahapan usia anak. Dengan subjek penelitian siswa kelompok AJumlah siswa 13 yang terdiri dari 10 perempuan dan 3 laki-laki.Pengumpulan data melalui observasi, hasil karya anak (mewarnai, menempel, mengunting, dan kolase), dan unjuk kerja anak (menari dan senam). sedangkan alatnya dengan daftar checklist, narasi dan portofolio. Hasil penelitian yang kami lakukan, Penilaian yang digunakan di TK Indriyasana adalah menggunakan deskriptif berbentuk raport untuk per-semester dan untuk per-minggu ceklis. Untuk standar pendidikan pada assesmen dan evaluasinya sudah sangat baik. Assesmen sudah sesuai dengan peraturan ustandar pendidikan anak usia dini. Hanya saja untuk catatan harian tidak dilakukan setiap hari, tidak berjalan sesuai aturan yang ada, akan tetapi guru melakukan catatan perminggu. Pada perkembangan seni anak sudah berkembang sesuai harapan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-17

How to Cite

ANALISIS ASSESMENT PERKEMBANGAN SENI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A TK INDRIYASANA SAMBILEGI MAGUWOHARJO YOGYAKARTA. (2024). TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN, 7(02). https://doi.org/10.58791/tadrs.702.64%g%f