ASSESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH CABANG MARTAPURA
DOI:
https://doi.org/10.58791/tadrs.702.62Abstract
AbstractPerkembangan kognitif adalah proses berpikir anak menemukan solusi dari apa yang mereka pikirkan, mengamati, mencatat, dan mendokumentasikan semua aktivitas kinerja dan pekerjaan siswa dan bagaimana melakukannya sebagai dasar untuk membuat keputusan pendidikan anak yang berguna bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui materi kegiatan pengembangan kemampuan kognitif anak, mendeskripsikan penerapan teknik penilaian asesmen, dan hasil/dampak asesmen perkembangan kognitif di TK Aisyiyah Cabang Martapura. Instrumen yang dikembangkan adalah lembar observasi berupa anecdotal record, checklist, time sampling dan penggunaan perangkat teknologi untuk merekam data wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi untuk dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak di TK Aisyiyah telah berkembang sesuai dengan yang diharapkan, ditandai dengan kemampuan anak untuk mengikuti perintah/instruksi dari guru seperti mulai dapat berhitung, anak dapat menulis beberapa kosa kata, mau membaca bukubuku. Penilaian berpengaruh positif terhadap pencapaian perkembangan kemampuan kognitif, baik bagi guru, siswa, maupun orang tua.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2024-09-17
Issue
Section
Articles
How to Cite
ASSESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH CABANG MARTAPURA. (2024). TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN, 7(02). https://doi.org/10.58791/tadrs.702.62



