Sejarah Pendidikan Islam Masa Kontemporer di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.58791/tadrs.v9i02.537Abstract
Pendidikan Islam di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan, terutama pada masa kontemporer. Sejarahnya bermula dari kedatangan Islam di Indonesia pada abad ke-13 yang diikuti dengan pendirian pesantren sebagai pusat pendidikan agama. Pendidikan Islam terus berkembang meskipun menghadapi tantangan besar pada masa kolonialisme Belanda, yang membatasi akses pendidikan agama bagi umat Islam. Setelah kemerdekaan, pendidikan Islam diintegrasikan dengan sistem pendidikan nasional melalui kebijakan pemerintah, dan pada era kontemporer, pendidikan Islam terus bertransformasi dengan adanya penerapan Kurikulum 2013 yang menggabungkan pendidikan agama dengan pendidikan umum. Namun, tantangan besar masih ada, seperti kesenjangan kualitas pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan, keterbatasan tenaga pengajar, serta adaptasi terhadap teknologi dan globalisasi. Pesantren tetap berperan penting dalam sistem pendidikan Islam, mengajarkan ilmu agama sekaligus keterampilan praktis untuk mempersiapkan santri menghadapi tantangan dunia modern. Melalui kebijakan yang lebih inklusif dan peningkatan kualitas tenaga pendidik, diharapkan pendidikan Islam dapat terus berkembang dan berkontribusi pada pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dinamika pendidikan Islam di Indonesia pada masa kontemporer serta tantangan dan peluang yang dihadapinya.
Downloads
References
Daftar Pustaka
Abdullah, M. 2019. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Abdurrahman, M. 2015. Islam Dan Pendidikan Di Indonesia: Peran Madrasah Dalam Mewujudkan Pendidikan Nasional Yang Berkualitas. Jakarta: LP3ES.
Ad-Dimasyqi, I. K. 2000. Tafsir Al-Qur’an Al-’Adzim. Beirut: Dar Ibn Hazm.
Ahmad, S. 2020. Pendidikan Islam Di Indonesia: Dari Masa Kolonial Hingga Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Al-Jaribah, L. B.-R. 2013. Kaifa Turabbi Waladaka. Saudi Arabia: Al-Mamlakah Al-Arabiyah.
Azra, A. 2019. Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: : Logos Wacana Ilmu.
Bungin, B. 2015. “Masyarakat Indonesia Kontemporer Dalam Pusaran Komunikasi.” Jurnal Aspikom 1, no. 2: 125–36.
Goa, L. 2017. “Perubahan Sosial Dalam Kehidupan Bermasyarakat.” SAPA: Jurnal Kateketik Dan Pastoral 2, no. 2: 53–67.
Hanafy, S. 2018. “Pemikiran Pendidikan Islam Pada Era Kontemporer.” Tasamuh, Jurnal Studi Islam 10, no. 1: 1–13.
Haq, V. A, and A. K & Soleh. 2022. “Peran Ilmu Dalam Pembentukan Insan Kamil Menurut Suhrawardi Al-Maqtul.” El-Hekam 7, no. 2: 126–36.
Hermawanto, A, and M Anggraini. 2020. Globalisasi, Revolusi Digital Dan Lokalitas: Dinamika Internasional Dan Domestik Di Era Borderless World. Yogyakarta: LPPM Press UPN “Veteran” Yogyakarta.
Luthfi, S. 2020. Pesantren Dan Transformasi Pendidikan Islam Di Indonesia. Bandung: Mizan.
Mahfudz, S. 2022. Pendidikan Islam Dalam Era Globalisasi. Jakarta: Kencana.
Malli, Rusli. 2021. “Konsep Pemikiran Islam Kontemporer Di Indonesia.” Jurnal Tarbawi 1, no. 2: 159–67.
Nasution, S. 2021. Pendidikan Islam Di Indonesia: Perjalanan Sejarah Dan Pembaharuannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Qomar, M. 2018. Pendidikan Agama Islam Di Indonesia: Tantangan Dan Strategi Pembaruan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rambe, Hafni, R Simatupang, A Yukhairiza, and A Nasution. 2024. “Perkembangan Pendidikan Islam Di Nusantara: Dari Pengajian Hingga Era Kontemporer.” Rayah Al-Islam 8, no. 4: 2370–85.
Ridwan, M, and S Maryati. 2024. “Dari Tradisi Ke Masa Depan: Tantangan Pendidikan Islam Dalam Masyarakat Kontemporer.” DIRASAH 7, no. 2: 630–41.
Setiawan, A. 2019. Pesantren Di Indonesia: Antara Tradisi Dan Modernisasi. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Yin, R. K. 2017. Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th Ed.). Thousand Oaks: Sage Publications.