KONSEP PENDIDIKAN ṬĀḤĀ ḤUSAYN
DOI:
https://doi.org/10.58791/tadrs.v9i02.535Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam konsep pendidikan menurut Ṭāḥā Ḥusayn, seorang pemikir modernis Arab abad ke-20 yang dikenal sebagai pelopor reformasi pendidikan di Mesir. Melalui pendekatan studi pustaka (library research), penelitian ini menelusuri gagasan-gagasan Ḥusayn sebagaimana tertuang dalam karya-karyanya seperti The Days dan The Future of Culture in Egypt, serta ditunjang oleh kajian kritis dari literatur sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ḥusayn memandang pendidikan sebagai hak kodrati yang harus dijamin negara secara setara, tanpa diskriminasi kelas sosial, ekonomi, maupun gender. Ia menawarkan pembaruan pendidikan melalui tiga dimensi utama: pertama, integrasi kurikulum antara ilmu agama dan ilmu modern; kedua, metode pengajaran yang berbasis rasionalitas, dialog, dan pembentukan nalar kritis; ketiga, akses pendidikan yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk perempuan dan kaum miskin. Pemikiran ini sangat relevan dengan wacana pendidikan Islam kontemporer di Indonesia, terutama dalam hal pengembangan kurikulum integratif, pedagogi kritis, serta inklusivitas sosial dalam penyelenggaraan pendidikan.
Kata Kunci: Ṭāḥā Ḥusayn, Pendidikan Modern, Kurikulum Integratif.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE Publications, 2014.
El-Enany, Rasheed. Taha Hussein: His Place in the Egyptian Literary Renaissance. London: Kegan Paul International, 1993.
Hourani, Albert. Arabic Thought in the Liberal Age: 1798–1939. Cambridge: Cambridge University Press, 1962.
———. Arabic Thought in the Liberal Age 1798–1939. Cambridge: Cambridge University Press, 1983.
Ḥusayn, Ṭāḥā. Al-Adīb [Sang Sastrawan]. Beirut: Dār al-Ma‘ārif, 1969.
———. Al-Ayyām [Hari-Hari], Jilid III. Kairo: Dār al-Ma‘ārif, 1963.
———. Al-Ayyām, Jilid I. Kairo: Dār al-Ma‘ārif, 1964.
———. Al-Ayyām, Jilid I–III. Kairo: Dār al-Ma‘ārif, 1964.
———. Fi Al-Syi’r al-Jāhilī. Kairo: Maktabat al-Khānjī, 1926.
———. Kalām Fī Al-Tarbiyah Wa al-Ta‘lim. Kairo: Maktabat al-Nahḍah al-Miṣriyyah, 1954.
———. Kalām Fī Al-Tarbiyah Wa al-Ta‘lim [Perbincangan Tentang Pendidikan Dan Pengajaran]. Kairo: Maktabat al-Nahḍah al-Miṣriyyah, 1954.
———. Mustaqbal Al-Thaqāfa Fī Miṣr. Beirut: Dār al-Kitāb al-Lubnānī, 1968.
———. Mustaqbal Al-Thaqāfa Fī Miṣr [Masa Depan Kebudayaan Di Mesir]. Beirut: Dār al-Kitāb al-Lubnānī, 1968.
———. Mustaqbal Al-Thaqāfa Fī Miṣr [Masa Depan Kebudayaan Di Mesir]. Beirut: Dār al-Kitāb al-Lubnānī, 1968.
———. The Days: His Autobiography in Three Parts, Trans. E.H. Paxton & Hilary Wayment. Cairo: The American University in Cairo Press, 1997.
Husein, Ṭāḥā. Masa Depan Kebudayaan Di Mesir, Terj. A. M. Quraish. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1992.
———. The Days: His Autobiography in Three Parts, Trans. E.H. Paxton & Hilary Wayment. Cairo: The American University in Cairo Press, 1997.
Hussein, Taha. The Future of Culture in Egypt, Trans. Sidney Glazer. Washington, D.C.: American Council of Learned Societies, 1954.
Imarah, Muhammad. Taha Husain: Bapak Modernisme Arab. Yogyakarta: LKiS, 2005.
Krippendorff, Klaus. Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. Los Angeles: SAGE Publications, 2013.
Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman. Qualitative Data Analysis. London: SAGE Publications, 1994.
Rabi’, Ibrahim M. Abu. Pemikiran Islam Kontemporer: Analisis Terhadap Tokoh Dan Tema. Yogyakarta: LKiS, 2003.
Reid, Donald M. Cairo University and the Making of Modern Egypt. Cambridge: Cambridge University Press, 2002.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.



