Upaya Memperbaiki Perilaku Menyimpang Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.58791/tadrs.v9i02.534Abstract
Abstrak
Pendidikan Islam menekankan pentingnya membentuk pribadi yang memilih dan melakukan sesuatu berdasarkan ajaran Islam, berakhlak mulia dan berperilaku terpuji sesuai nilai-nilai etik moralitas norma sosial. Perilaku menyimpang anak yang melanggar tatanan norma dan membawa kerawanan sosial,perlu ditangani dengan pendekatan holistik dan prinsip Islam. Pengalaman dan pengamalan beragama dijalin secara integral dengan memadukan secara harmoni dan integral akidah, syari’ah dan akhlak dalam pelaksanaan prinsip-prinsip pendidikan Islam; tarbiyah, ta’lim dan ta’dib. Keserasiannya diharapkan dapat mengkonstruksikan agama yang hidup dan fungsional; bersifat nyata, kreatif, spontan, inheren dalam diri yang tumbuh berkembang di dalam kehidupan nyata, dan orisinal dalam kehidupan anak sehari-hari. Melalui pendidikan yang dilandasi bimbingan, pembiasaan, nasehat yang baik dan keteladanan, akan menumbuhkan akhlak terpuji dalam kehidupannya dan hubungan sosialpun akan terbawa serta. Perwujudan hal ini memerlukan penyerapan nilai-nilai ilahiyyah (religiusitas), yang internalisasinya akan sangat menentukan kemampuan anak menata fitrah dan potensi dirinya, memiliki nilai-nilai kebaikan yang bersifat hakiki bagi kemanusiaan dan menjauhi perilaku meyimpang yang merugikan diri sendiri, masyarakat dan lingkungan.
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Perilaku Menyimpang Anak, Tarbiyah, Ta’lim, Ta’dib
Downloads
References
Albertus, Doni Koesoema, Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, (Jakarta: Grasindo, 2010), h. 79-80. Baca juga: Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak; Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)
Amal, Taufik Adnan, Metode dan Alternatif Neomodernisme Islam, (Bandung: Mizan, 2004).
Arifin, Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Kritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, (Jakarta; Bumi Aksara, 2001).
Asfahany, al-Raghib, al-Mu’jam Mufradât al-Fâdz al-Qur’an, (Beirut: Dar al-Fikr, tt).
Attas, Syed Muhammad Naquib al-, The Concept of Education in Islam: A Framework an Islamic Philosophy of Education, (Kuala Lumpur: ISTAC, 1980)..
Buseri, Kamrani, Reinventing Pendidikan Islam (Menggagas Kembali Pendidikan Islam yang lebih baik), (Banjarmasin: Antasari Press, 2010).
Chusniyah, Tutut, Penyebab Kenakalan dan Kriminalitas Anak, (Malang: Universitas Negeri Malang Press, 2014).
Daradjat, Zakiah, Islam dan Kesehatan Mental, (Jakarta: CV. Haji Masagung, 1988).
Darwis, Abu Pengubahan Perilaku Menyimpang Murid Sekolah Dasar, (Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, 2006)..
Hisyam, Ciek Julyati, Perilaku Menyimpang;Tinjauan Sosiologis, (Jakarta: Bumi Aksara, 2021).
Kartono, Kartini, Pemimpin dan Kepemimpinan, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011).
_______, Psikologi Anak, (Bandung: Mandar Maju, 2012).
Kemendiknas, PembinaankPendidikan Karakterudi Sekolah Menengah Pertama, Jakarta, 2010.
Khallaf, Abdul Wahab, Ushul Fiqh, (Kairo: Maktabah Wahdah, 2002).
Lane, E.W., In Arabic English Lexicon, (Cambridge: The Islamic Text Society, 2003).
Langgulung, Hasan, Azas-Azas Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Pustaka Al-Husna Baru, 2008).
Lickona, Thomas, Educating For Character; How Our School Can Teach Respect and Responsibility, (USA, Bantam Books, 1989).
Manzur, Ibnu, Lisan al-Arab, Jilid IV, (Mesir: Dar Alma’arif, 2010).
Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos, 1999).
Marimba, Ahmad D., Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: PT al-Ma’arif, 2012)..
Marzuki, PAI Bab V; Kerangka Dasar Ajaran Islam, (Yogyakarta: UNY Press, 2010).
Muhammadun, Muzdalifah , “Konsep Kejahatan dalam Alquran (Perspektif Tafsir Maudhu’I), “DIKTUM: Jurnal Syariah dan Hukum Islam, Vol. 19 No.1 (2011), h. 14. https://doi.org/10.35905/diktum,v9il.276.
Muslich, Masnur, Pendidikan Karakter, Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).
Narwanti, Sri, Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk karakter Dalam Mata Pelajaran, (Yogyakarta: Familia, 2011).
Nasution, Harun, Akal dan Wahyu dalam Islam, (Jakarta: Universitas Indonesia Press, 2015.
Nasr, Sayyed Hossein, Tasawuf Dulu dan Sekarang, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2011).
Ridhahani, Transformasi Nilai-Nilai Karakter/Akhlak dalam Proses Pembelajaran, (Yogyakarta: LkiS Printing Cemerlang, 2013).
Ridha, Muhammad Rasyid, Tafsir al-Fatihah; menemukan Hakikat Ibadah, ab. Anwar Bakhtiar, (Bandung: al-Bayan Mizan, 2007).
Rif’i, A. Bachrun dan Hasan Mud’is, Filsafat Tasawuf, (Bandung: Pustaka Setia, 2010).
Rohman,Taufiq Psikologi Perkembangan, (Jakarta: Buku Literasiologi, 2019).
Rusna, Abidin Ibnu , Pemikiran al-Ghazali Tentang Pendidikan, (Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 1998).
Sa’diah, Halimatus, Konsep Akhlak Perspektif Ibnu Maskawâih, Universitas Islam Madura, Jurnal Tadris Vol. 6 No. 2, Desember 2011
Sarwono, Sarlito W., Pengantar Psikologi Umum, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010).
Setiadi, Elly M. dan Usman Kolip, Pengantar Sosiologi; Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi dan Pemecahannya, (Jakarta: Kencana, 2011).
Shihab, Quraish Tafsir al-Misbah, volume I, (Jakarta: Lentera, 2004).
Sina, Ibnu, al-Isyarat wa al-Tanbihaat, dalam Abdullah Mahmud, al-Afkir al-Falsafi fi al-Islam, (Kairo: Al-Kitab al-Araby, 2010).
Sholeh, M., Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam, (Jakarta; Yin Yang, 2018).
Sudrajat,Akhmad ”Konsep Pendidikan Karakter”, dalam akhmadsudrajat. wordpress.com, 15 September 2010
Smith, Huston, The Religious of Man, (terj.) Safruddin Bahar, Agama-Agama Manusia, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2005).
Sunarto, Kartono, Pengantar Sosiologi, (Jakarta; Renika Cipta, 2000).
Syah, Ismail Muhammad, Filsafat Hukum Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1997).
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994).
Tauhied, Abu, Beberapa Asfek Pendidikan Islam, (Yogyakarta : Fak Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015).
Thaib, M. Hasballah dan Zamakhsyari Hasballah, Pendidikan dan Pengaruhan Anak Menurut Al-Qur’an dan Sunnah, (Medan: Perdana Publishing, 2012).
Thoha, M. Chatib, Metodologi Pengajaran Agama, (Semarang: Pustaka Pelajar, 2012)
Ulwân, Abdullah Nashîh, ‘Pendidikan Anak dalam Islam, Terjemahan Jamaludin Miri, Cet. III (Jakarta: Pustaka Amani, 2007).
Qardhawy,Y. Pendidikan Islam & Madrasah Hasan al-Bana, ab. Bustami A. Gani & Zainal A. Ahmad, (Jakarta: Bulan Bintang, 2010).
Qurthubi, Ibn Abd. Muhammadi Ibn Ah. al-Anshariii al-, Tafsir al-Qurthubi, (Kairo: Dar al-Sya’bi,tth).
Quthb, Muhammad, Sistem Pendidikan Islam, ab. S. Harun. (Bandung: PT Al-Ma’arif, 2014).
Wahib, Tasawuf dan Transformasi Sosial: Studi Atas Pemikiran Tasawuf Hamka, (Surabaya: IAIN Sunan Ampel, 1977).
Willis, SS., Remaja dan Masalahnya; Berbagai Bentuk Kenakalan Remaja dan Pemecahannya, (Bandung; Alfabeta, 2012).
Zarkany, Sayyid Muhammad al-, Sarh al-Zarkany ‘ala Muwattha al-Imam Malik, (Beirut: Dar al-Fikr, tt)..
Zubaidi, Muhammad Murtadlah al-,Taj al-Arus, (Kairo: al-Khairiyyah al-Munsyiat Bijaliyah, 1306 H.).