IMPLEMENTASI ILMU FAHMIL QUR`AN MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKHLAK SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58791/tadrs.v9i02.500Abstract
Abstrak
Implementasi fahmil qur`an merupakan penerapan praktis dari pemahaman mendalam terhadap al-qur`an (Fahmil Qur`an) kedalam kehidupan sehari-hari atau proses pembelajaran secara lebih rinci. Fahmil qur`an sendiri adalah kemampuan untuk memahami ,menganalisis, dan menginternalisasi isi kandungan al-qur`an secara komperehensif, meliputi aspek tafsir, asbabun nuzul, kaidah tajwid, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Dalam konteks pendididikan, implementasi fahmil qur`an tidak hanya sekadar mengajarkan siswa untuk membaca dan menghafal al-qur`an, tetapi lebih kepada bagaimana menerjemahkan pemahaman tersebut menjadi nilai-nilai moral, etika, dan pola pikir yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari siswa, khususnya dalam pembentukan akhlak mulia.
Dari kondisi tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “implementasi ilmu fahmil qur`an melalui metode pembelajaran aktif untuk meningkatkan akhlak siswa” di kelas XI MA Miftahul Ulum. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan pembelajaran akidah akhlak dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami serta mengimplementasikan nilai-nilai al-qur`an untuk meningkatkan kualitas diri.
Kata kunci: implementasi, fahmil qur`an, metode pembelajaran, akidah akhlak
Downloads
References
Abdul majid, strategi pembelajaran Bandung: PT remaja rosdakarya, 2016
Abdul Rashid, *Konsep Amanah dalam Al-Quran dan Implikasinya terhadap Tanggung Jawab Moral* Yogyakarta: Pena Madani, 2016
Abu hamid al-ghazali,ihya` ulumuddin beirut: Dar al-kutub al-ilmiyah,2011
Agus suprijono, cooperative learning:teori dan aplikasi PAIKEM Yogyakarta:Pustaka pelajar,2017
Ahmad Munir, "Konsep Ukhuwah dalam Al-Quran dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam," *Jurnal Pendidikan Agama Islam*, vol. 5, no. 22018
Ahmad Tafsir, et.al, Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam Bandung: Mimbar Pustaka, 2004
Ali Nurdin, "Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Al-Quran," *Jurnal Pendidikan Islam*, vol. 4, no. 1, 2019
C.C. bonwll & J.A. Eison,active learning: creating excitement in the classroom Washington,DC: school of education and human development, George Washington univercity,1991
Hisyam zaini,et.al.,strategi pembelajaran aktif Yogyakarta, LPPI UMY,2015
Ibn miskawih, tahdzib al-akhlaq Beirut al-kutub al-ilmiyah,2012
Imam Al-Ghazali, *Ihya Ulumuddin* Beirut: Dar Al-Ma'rifah, 2010
Kementerian Agama RI. 2022. Akidah Akhlak untuk Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah.
Kemmis & R. McTaggart, *The Action Research Planner* Victoria: Deakin University Press, 1988 Bab 2
Kholilurrahim, implementasi media e-learning dalam meningkatkan belajar siswa, Jurnal Pusaka Media kajian dan Pemikiran islam Vol.9 No.2, 2020, `
M. Quraish Shihab, *Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Quran* Jakarta: Lentera Hati, 2012
M.Quraisy shihab tafsir al-misbah: pesan,kesan,dan keserasian al-qur`an Jakarta: lentera hati,2012
Melvin L. Silberman, active learning:101 cara belajar siswa aktif. bandung: nuansa,2018
Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2014
Qardhawi, Yusuf. Al-Quran Berbicara tentang Akal dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gema Insani, 2015
Sri Wahyuni, implementasi mtode discovery learning dala pembelajaran PAI, jurnal ilmian pendidikan agama islam 7,No.2 2019
W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Wina Sanjaya,strategi pembelajaran berorientasi standar proses pembelajaran Jakarta,kencana, 2016