IMPLEMENTASI ILMU FAHMIL QUR`AN MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKHLAK SISWA

Authors

  • Kholilurrahim Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah Author
  • Misnadeh Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah Author

DOI:

https://doi.org/10.58791/tadrs.v9i02.500

Abstract

Abstrak

Implementasi fahmil qur`an merupakan penerapan praktis dari pemahaman mendalam terhadap al-qur`an (Fahmil Qur`an) kedalam kehidupan sehari-hari atau proses pembelajaran secara lebih rinci. Fahmil qur`an sendiri adalah kemampuan untuk memahami ,menganalisis, dan menginternalisasi isi kandungan al-qur`an secara komperehensif, meliputi aspek tafsir, asbabun nuzul, kaidah tajwid, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Dalam konteks pendididikan, implementasi fahmil qur`an tidak hanya sekadar mengajarkan siswa untuk membaca dan menghafal al-qur`an, tetapi lebih kepada bagaimana menerjemahkan pemahaman tersebut menjadi nilai-nilai moral, etika, dan pola pikir yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari siswa, khususnya dalam pembentukan akhlak mulia.

Dari kondisi tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “implementasi ilmu fahmil qur`an melalui metode pembelajaran aktif untuk meningkatkan akhlak siswa” di kelas XI MA Miftahul Ulum. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan pembelajaran akidah akhlak dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami serta mengimplementasikan nilai-nilai al-qur`an untuk meningkatkan kualitas diri.

Kata kunci: implementasi, fahmil qur`an, metode pembelajaran, akidah akhlak

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul majid, strategi pembelajaran Bandung: PT remaja rosdakarya, 2016

Abdul Rashid, *Konsep Amanah dalam Al-Quran dan Implikasinya terhadap Tanggung Jawab Moral* Yogyakarta: Pena Madani, 2016

Abu hamid al-ghazali,ihya` ulumuddin beirut: Dar al-kutub al-ilmiyah,2011

Agus suprijono, cooperative learning:teori dan aplikasi PAIKEM Yogyakarta:Pustaka pelajar,2017

Ahmad Munir, "Konsep Ukhuwah dalam Al-Quran dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam," *Jurnal Pendidikan Agama Islam*, vol. 5, no. 22018

Ahmad Tafsir, et.al, Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam Bandung: Mimbar Pustaka, 2004

Ali Nurdin, "Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Al-Quran," *Jurnal Pendidikan Islam*, vol. 4, no. 1, 2019

C.C. bonwll & J.A. Eison,active learning: creating excitement in the classroom Washington,DC: school of education and human development, George Washington univercity,1991

Hisyam zaini,et.al.,strategi pembelajaran aktif Yogyakarta, LPPI UMY,2015

Ibn miskawih, tahdzib al-akhlaq Beirut al-kutub al-ilmiyah,2012

Imam Al-Ghazali, *Ihya Ulumuddin* Beirut: Dar Al-Ma'rifah, 2010

Kementerian Agama RI. 2022. Akidah Akhlak untuk Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah.

Kemmis & R. McTaggart, *The Action Research Planner* Victoria: Deakin University Press, 1988 Bab 2

Kholilurrahim, implementasi media e-learning dalam meningkatkan belajar siswa, Jurnal Pusaka Media kajian dan Pemikiran islam Vol.9 No.2, 2020, `

M. Quraish Shihab, *Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Quran* Jakarta: Lentera Hati, 2012

M.Quraisy shihab tafsir al-misbah: pesan,kesan,dan keserasian al-qur`an Jakarta: lentera hati,2012

Melvin L. Silberman, active learning:101 cara belajar siswa aktif. bandung: nuansa,2018

Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2014

Qardhawi, Yusuf. Al-Quran Berbicara tentang Akal dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gema Insani, 2015

Sri Wahyuni, implementasi mtode discovery learning dala pembelajaran PAI, jurnal ilmian pendidikan agama islam 7,No.2 2019

W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Wina Sanjaya,strategi pembelajaran berorientasi standar proses pembelajaran Jakarta,kencana, 2016

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

IMPLEMENTASI ILMU FAHMIL QUR`AN MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN AKHLAK SISWA. (2025). TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN, 9(02), 573-587. https://doi.org/10.58791/tadrs.v9i02.500