PERENCANAAN DIGITALISASI TERHADAP SISTEM INFORMASI DAN PENGELOLAAN PONDOK PESANTREN AL-QOMAR DI ERA 4.0
DOI:
https://doi.org/10.58791/tadrs.v9i02.499Keywords:
Digitalisasi, Pondok Pesantren, Sistem Informasi, Era 4.0.Abstract
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi di era Revolusi Industri 4.0 menuntut seluruh lembaga, termasuk pondok pesantren, untuk melakukan penyesuaian agar tetap relevan dan efisien. Pondok Pesantren Al Qomar sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki tantangan dalam pengelolaan administrasi, pembelajaran, dan komunikasi yang selama ini masih dilakukan secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk merancang perencanaan digitalisasi sistem informasi dan manajemen pesantren yang lebih modern, efisien, dan terintegrasi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini mengeksplorasi kondisi eksisting, hambatan, serta potensi digitalisasi di Pondok Pesantren Al Qomar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi memiliki urgensi tinggi untuk mendukung administrasi yang tertata, pembelajaran yang lebih interaktif, dan sistem komunikasi yang efektif. Rekomendasi mencakup pengembangan sistem informasi terpadu, pelatihan sumber daya manusia (SDM), serta pembangunan infrastruktur digital yang mendukung keberlanjutan sistem tersebut.
Downloads
References
Ahmad Najib Burhani, Pesantren dan Tantangan Modernitas (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2020),
Asep Saepudin, “Media Sosial sebagai Sarana Dakwah Pesantren di Era Digital,” dalam Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, Vol. 7, No. 1 (2020): 93.
Daryanto & Syaiful Karim, Pembelajaran Abad 21, Yogyakarta: Gava Media, 2017,.
Hermann, Mario, Tobias Pentek, dan Boris Otto. “Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios.” Procedia CIRP, vol. 52, 2016,
John W. Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 4th ed. (Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, 2014),.
Kenneth C. Laudon & Jane P. Laudon, Management Information Systems: Managing the Digital Firm, 14th ed. (Boston: Pearson Education, 2016),
Krisdiyanto, Gatot., et. al. (2019). Sistem Pendidikan Pesantren dan Tantangan Modernitas. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan 15 (1): 11-13.
Klaus Schwab, The Fourth Industrial Revolution (Geneva: World Economic Forum, 2017),
M. Taufik Hidayat, Pengembangan SDM Pesantren di Era Industri 4.0, (Yogyakarta: Deepublish, 2020),
Muhammad Ridwan, “Transformasi Digital dalam Pengelolaan Pendidikan Islam,” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 1 (2021)
Mulyanta, Dadan. Transformasi Digital: Strategi dan Arah Kebijakan Nasional. Jakarta: Kominfo Press, 2020,
Usman El-Qurtuby, et.al, Qur’an Terjemah Al-Hufaz, Penerbit Cordoba (Januari 2021)
Raymond McLeod Jr. & George P. Schell, Sistem Informasi Manajemen, edisi 10, terj. Ali Akbar Yulianto (Jakarta: Salemba Empat, 2007),
Schwab, Klaus. The Fourth Industrial Revolution. Geneva: World Economic Forum, 2017,.
U. Ulvania, “Bab III Metode Penelitian”, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika,
W. Lawrence Neuman, Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches, 7th ed. (Boston: Pearson Education, 2014),.
Wahyudi, Agus. “Digitalisasi Pendidikan di Era Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan dan Teknologi, vol. 4, no. 1, 2021,
Widayato, Sukarman, Mulyani, & Susanto, "Nilai Islam sebagai Fondasi Manajemen Pendidikan: Studi pada Lembaga Pendidikan Berbasis Pesantren”, Seroja: Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 3, 2025,