PEMIKIRAN AZ- ZARNUJI TENTANG PENDIDIKAN RELEVANSINYA DENGAN TEORI PENDIDIKAN KONTEMPORER
DOI:
https://doi.org/10.58791/tadrs.v9i02.431Abstract
Penelitian ini meneliti relevansi pemikiran Az-Zarnuji dalam pendidikan modern melalui kajian literatur terhadap kitab Ta’lim al-Muta’allim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka (library research). Hasilnya menunjukkan bahwa prinsip-prinsip seperti penanaman nilai karakter Islami (tauhid, ihsan, syukur, tawakal, kesabaran, keadilan, dan kerendahan hati), hubungan harmonis antara guru dan murid, serta metode pembelajaran aktif seperti diskusi dan penalaran tetap relevan. Prinsip pendidikan yang berorientasi pada nilai dan etika moral ini dapat memperkuat pendekatan holistik dan pendidikan berbasis karakter di era kontemporer. Kritikan terhadap larangan mempelajari ilmu tertentu sebaiknya dikontekstualisasi ulang sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan zaman. Pemikiran Az-Zarnuji mampu menjadi dasar dalam pengembangan sistem pendidikan yang menggabungkan nilai spiritual dan intelektual secara seimbang.
Downloads
References
Abdurrahman, Nurwahida, and Samsuddin, ‘Konsep Pendidikan Adab Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Karya Imam Al-Zarnuji: Kajian Literatur The’, TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1.2 (2024), pp. 182–201
Dermawan, Heri, and Maragustam Siregar, ‘Perspektif Pendidikan Al-Zarnuji Dan Relevansinya Dengan Kurikulum Merdeka Belajar’, Al-Qiyadi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2.1 (2024), pp. 140–48, doi:10.62274/al-qiyadi.v2i1.130
Hidayat, Rahmat, and Abdillah, Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori Dan Aplikasinya”, ed. by Candra Wijaya and Amiruddin (Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI) Cetakan, 2019)
Junedi, Junedi, Arya Hasan As’ari, and Mukh Nursikin, ‘Penguatan Akhlak Melalui Kitab Ta’lim Muta’alim Bagi Santri Pondok Pesantren’, Ummul Qura Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 17.2 (2022), pp. 46–53, doi:10.55352/uq.v17i2.123
Muluk, Muhammad Islah Azharul, and Zaini Tamin AR, ‘KONTEKSTUALISASI SYARAT KEBERHASILAN SISWA SEKOLAH’, Jurnal Studi Pendidikan Dasar, 2.2 (2024)
Pertiwi, Nunung Dian, ‘Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Anak’, Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 3.1 (2021), pp. 324–35
Rahman Abd BP, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, dkk, "Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan", Jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1, Juni, 2022.
Rika, Fahrudin, and Elan Sumarna, ‘Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah’, Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18.1 (2020), pp. 23–36
Sahbana, M Dwi Rahman, ‘PEMIKIRAN AZ-ZARNUJI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM MODERN’, Jurnal Pendidikan Agama Islam, I.1 (2022), pp. 35–47