Optimalisasi Google Classroom dan Google Meet dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Digital

Authors

  • Imam Maulana Hidayat UIN SMH Banten Author
  • Rumbang Sirojudin UIN SMH Banten Author
  • Machdum Bachtiar UIN SMH Banten Author
  • Wasehudin UIN SMH Banten Author
  • Rifyal Ahmad Lugowi UIN SMH Banten Author

DOI:

https://doi.org/10.58791/tadrs.v9i02.391

Abstract

Pendidikan ialah aktivitas terencana untuk membimbing, mengarahkan, dan memfasilitasi seseorang agar mencapai kompetensi, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai tertentu yang berguna dalam kehidupan pribadi dan masyarakat. Tujuan dari pembuatan artikel ini yakni supaya mengetahui bagaimana optimalisasi google classroom dan google meet dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di masa digital. Metode yang dimanfaatkan di penulisan ini ialah metode penelitian kualitatif deskriptif kajian pustaka. Hasil penelitian ini yang pertama yaitu gambaran umum pelaksanaan pembelajaran PAI di masa digital yaitu perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yang kedua implementasi Google Classroom dalam Pembelajaran PAI dalam konteks ini, Google Classroom menjadi salah satu platform yang banyak digunakan oleh guru untuk mengelola proses belajar mengajar secara daring. Yang ketiga implementasi Google Meet dalam pembelajaran PAI yang dapat digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi, memberikan tugas, dan melakukan penilaian secara langsung melalui interaksi virtual. Yang keempat optimalisasi google classroom dan Google Meet dalam pembelajaran pendidikan agama islam yaitu optimalisasi penggunaan kedua platform ini memungkinkan guru untuk menyampaikan materi, memberikan tugas, dan melakukan penilaian secara efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdaul Irkham Huda. “Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 1, No. 2, Maret, 2020.

Anam Syaiful, Ilzamuddin Ma’mur, Agus Gunawan, dkk. “Filsafat Pendidikan Sebagai Kekuatan Utama Lembaga Pendidikan Islam”, Jurnal Studi Islam, Vol. 9, No. 1, Juni, 2023.

Darwanto. “Efektivitas Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam MTs Miftahul Ulum Sugih Waras”, Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, Vol. 3, No. 2, Februari, 2024.

Fauzi Muhammad, Moh. Samsul Arifin. “Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pendidikan Islam”, Jurnal Al-Ibrah, Vol. 8, No. 1, Juni, 2023.

Karmanis. Buku Pedoman Belajar Metode Penelitian. Semarang: CV Pilar Nusantara, 2020.

Pulungan Sahmiar. “Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran PAI”, Jurnal Sistem Informasi”, Vol. 1, No. 1, April, 2017.

Rahman Abd BP, Sabhayati Asri Munandar, dkk. “Makna Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Beberapa Unsur Pendidikan”, Jurnal Al Urwatul Wutsqa, Vol. 2, No. 1, Juni, 2022.

Ridha Nikmatur, M. Marhaban Ramadhan, Suhendra. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19”, Ar-Rasyid: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1 No.1, 2021.

Rizkianti Nadia, Dea Mustika. “Pemanfaatan Fitur Google Classroom Sebagai Platform Pembelajaran di Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4, No. 2, 2022.

Yuniar Santika, Undang Ruslan Wahyudin, Neng Ulya. “Peningkatan Kemampuan Kognitif dalam Pembelajaran PAI Secara Daring Siswa Kelas II SDN Nagasari III Karawang Barat”, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol, 6, No. 1, 2022.

Downloads

Published

2025-09-01

How to Cite

Optimalisasi Google Classroom dan Google Meet dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Digital. (2025). TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN, 9(02), 375-391. https://doi.org/10.58791/tadrs.v9i02.391