POSISI DAN FUNGSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AGAMA DAN MASYARAKAT

Authors

  • Nining Syamsi Komariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Author
  • Ido Nardaullah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Author

DOI:

https://doi.org/10.58791/tadrs.v9i02.375

Abstract

Artikel ini membahas posisi dan fungsi pendidikan Islam dalam konteks agamai dan masyarakat. Pendidikan Islam tidak hanya berperan sebagai sarana penanaman nilai-nilai spiritual dan moral, tetapi juga menjadi instrumen strategis dalam pembentukan kepribadian, sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka (library research), yang bertumpu pada berbagai literatur terkait pendidikan Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan Islam memiliki peran ideologis dalam menumbuhkan keimanan, peran sosial dalam membentuk solidaritas dan tanggung jawab sosial, peran ekonomi dalam membangun kemandirian dan etos kerja islami, serta peran kultural dalam melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian, pendidikan Islam menempati posisi sentral dalam proses pembentukan masyarakat madani yang beradab dan berkeadilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Iis Arifudin and Ali Miftakhu Rosyad, “Pengembangan Dan Pembaharuan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Di Indonesia: Gagasan Dan Implementasinya,” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 4, no. 2 (2021): 425–38.

Abdul Mujib, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Kencana Predana Media, Jakarta, hal.10.

Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam (IPI), CV Pustaka Setia, Bandung, hal. 9.

Suryana Saputra, “Peran Operator Sekolah Dalam Mengelola Sistem Data Informasi Sebagai Penjaminan Mutu Pelayanan Pendidikan Di Smp Negeri 1 Telukjambe Timur Karawang,” Js (Jurnal Sekolah) 5, no. 1 (n.d.): 21–28.

Rosidah Rosidah, Akil Akil, and Taufik Mustofa, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MI Al-Wasthiyah Kotabaru Karawang,” Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains 9, no. 2 (2020): 287–90.

Ali Miftakhu Rosyad, “Urgensi Inovasi Pembelajaran Islam Dalam PAI,” Al-Afkar, Journal for Islamic Studies 2, no. 1 (2019): 64–86.

Ali Miftakhu Rosyad, “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Muhammadiyah Se-Kabupaten Indramayu. Al-Afkar,” Journal for Islamic Studies 4 (n.d.).

Annisa et al, Posisi dan Fungsi Pendidikan Islam dalam Agama dan Masyarakat, Jurnal Al Karim: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Studi Islam, h. 55

Mamik Rosita, “Membentuk Karakter Siswa Melalui Metode Kisah Qurani,” Fitrah 2, no. 1 (2016): 70.

Kadi, Ideologi Pendidikan Islam Kajian Atas Problem Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam, Kediri, 2022: 99-100.

Rosidah Rosidah, Akil Akil, and Taufik Mustofa, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MI Al-Wasthiyah Kotabaru Karawang,” Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains 9, no. 2 (2020): 287–90.

Kambali Kambali, “Pertumbuhan Dan Perkembangan Emosional Serta Intelektual Di Masa”.Prenatal,” Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 4, no. 2, Sept (2018): 129–48.

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

POSISI DAN FUNGSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AGAMA DAN MASYARAKAT. (2025). TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN, 9(02), 547-557. https://doi.org/10.58791/tadrs.v9i02.375