OPTIMALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN GENERASI BERKARAKTER DI SD IT KI-WASHID CILEGON PADA ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.58791/tadrs.v9i02.252Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat berperan untuk menciptakan generasi muda, tentunya di era digital yang banyak persoalan akhlak dan sosial. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kebutuhan mendesak untuk mengoptimalkan pendidikan PAI agar dapat menjawab dinamika perkembangan teknologi sekaligus membangun generasi berkarakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ki Washid Cilegon. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara kualitatif strategi optimalisasi pendidikan PAI dalam membentuk penerus yang memiliki integritas, tanggung jawab, dan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini memanfaatkan metode kualitatif lapangan, dengan sumber data utama terdiri dari pengajar, murid, dan wali murid. Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan ialah deskriptif analitis untuk menggambarkan fenomena yang terjadi dan mengevaluasi penerapan strategi pendidikan PAI di era digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi pendidikan PAI di SDIT Ki Washid Cilegon dilakukan melalui integrasi teknologi digital dalam pembelajaran, penerapan program penguatan karakter berbasis nilai-nilai keislaman, dan keterlibatan aktif orang tua dalam proses pendidikan. Strategi ini terbukti efektif untuk menciptakan penerus berkarakter yang bukan hanya kompeten secara akademik namun mempunyai moralitas yang tinggi dalam menghadapi tantangan era digital.
Downloads
References
Arrosyid, R., & Romadlon, D. A. (2019). The Role Of Digital Literacy In Pai Learning In Improving The Quality Of Youth Worship. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 437–448. https://doi.org/10.37758/jat.v5i3.507
Asyari, A. (2023). Cara Pengaruh Pengajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menumbuhkan Sikap Agama Di Sekolah Dasar. Wjpe, 2(1). https://doi.org/10.61798/wjpe.v2i1.26.
Fatmah, N. (2018). Penciptaan Sikap Dalam Pendidikan. Tribakti Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2). https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.602.
Hasanah, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Media Sosial dalam Pendidikan Islam. Al-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, 9(3).
Isnaini, I. (2019). Instilling Islamic Education Strategy. International Journal on Islamic Educational Research (SKIJIER), 3(2).
Herlina, H., Syarifuddin, S., & Susiba, S. (2023). Pandangan Al-Qur’an Dan Fikih Untuk Menciptakan Pendidikan Keluarga Yang Berkualitas. Instructional Development Journal, 6(1), 27. https://doi.org/10.24014/idj.v6i1.24429.
Kambali, K., Muslikh, M., Hidayat, A., & Abdurakhman, R. N. (2023). Religion in Cyberspace: Islamic Religious Education in Social Media. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 129–142. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3886
Kardiyanto, W. (2023). Nilai Pendidikan Sikap dalam Al-Quran ( Studi atas Kisah Nabi Yusuf dan Korelasinya dengan Kasus di Indonesia).
Lexy Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012).
Masood, F. (2019). The Impact of Communication Technology on English Language in Pakistan. Pakistan Languages and Humanities Review, 3(II), 15–27. https://doi.org/10.47205/plhr.2019(3-ii)1.2
Munir Yusuf, Pengantar Ilmu Pendidikan, Palopo : Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 2018.
Myori, D. E., Krismadinata, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Pemaksimalan Kemampuan Pengajar Dalam Penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Aspek Android. Jtev (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832.
Rahman, A. (2021). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Agama Islam: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2).
Ramli, A., Dhahri, I., Solehuddin, M., Mulia Rahmah M.Si., S. K., Haris, M., & Lubis, F. M. (2023). The Urgency of Islamic Character Education to Anticipate Bullying Behavior in Boarding Schools. At Ta Dib, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9823.
Rini, Q. K., & Sidhiq, A. (2017). Hubungan Tingkat Kesadaran Akan Keamanan Internet Dan Efikasi Pribadi Terhadap Internet. Psychology.
Said, S. M. (2023). Pembinaan Kreativitas Dan Inovasi Pembelajaran Aspek Digital Interaktif Di Sekolah Dasar Islam TerpaduTahfidzul Qur’an Majene. Jurnal Abmas Negeri, 4(2), 97–104. https://doi.org/10.36590/jagri.v4i2.702.
Sinaga, R. D. F. (2024). Kegiatan Penggunaan Digital Oleh Pengajar PPKn Dalam Pengembangan Materi Ajar Sebagai KeterampilanInterpersonal Murid SMAN 7 Medan. Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 95–99. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1564
Suleman, M. A. (2023). Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Ketercapaian Pembelajaran Aspek Teknologi. Jurnal Basicedu, 7(6), 3559–3570. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6368/.
Syahroni, M. (2020). Pelatihan Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Pemaksimalan Nilai Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847.
Tafonao, T. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Untuk Memaksimalkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Tungka, N. F., Cipta, O., Tarinje, N., & Sabila, F. (2023). Pemaksimalan Literasi Digital Guru SD Melalui Implementasi Empat Prinsip Dasar Penguasaan. 1(03), 134–144. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v1.i03.
Ahyal, Peserta Didik SDIT Ki Washid Cilegon, Wawancara pada tanggal 06 januari 2025.
Amanah. Guru SDIT Ki Washid Cilegon, Wawancara pada tanggal 06 Januari 2025.
Shiddik A. Kepala SDIT Ki Washid Cilegon, Wawancara pada tanggal 06 Januari 2025.