Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran Kelas IX Di SMPN 3 Martapura
DOI:
https://doi.org/10.58791/drs.v26i02.558Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media digital dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya di SMPN 3 Martapura. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memanfaatkan media digital berupa PowerPoint dan video pembelajaran untuk menyampaikan materi tajwid, makharijul huruf, dan latihan bacaan. Proses pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan dengan presentasi media, diskusi kelompok, tutor sebaya, praktik langsung, dan evaluasi melalui tanya jawab.
Faktor pendukung meliputi ketersediaan fasilitas proyektor, laptop, speaker, dan internet, serta motivasi guru yang tinggi. Sementara itu, faktor penghambat utama adalah ketergantungan pada listrik dan keterbatasan waktu pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya penguatan infrastruktur dan pelatihan guru untuk mengoptimalkan pembelajaran BTA berbasis digital.
Tujuan dalam penelitian artikel ini ialah: (1) Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media digital dalam pembelajaran BTA kelas IX di SMPN 3 Martapura, (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan media digital tersebut.
Kata Kunci: Pemanfaatan, Media Digital, Pembelajaran