PERAN GURU DALAM PEMAHAMAN FIKIH IBADAH MELALUI KITAB I’ANATUT THOLIBIN DI MA DARUL HIKMAH
DOI:
https://doi.org/10.58791/drs.v26i02.557Keywords:
Kitab I'anatut Tholibin, , Fikih Ibadah,, Peran GuruAbstract
Abstrak
Penelitian ini berangkat dari pentingnya peran guru dalam membimbing peserta didik memahami materi pendidikan, khususnya dalam bidang ibadah yang membutuhkan arahan dari ahli. Fokus penelitian ini adalah peran guru dalam pemahaman Fikih Ibadah melalui Kitab I’anatut Tholibin di MA Darul Hikmah Darussalam Kecamatan Bataguh serta faktor-faktor pendukungnya. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pelaksanaan peran guru dalam pembelajaran Fikih Ibadah dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung keberhasilan pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru Fikih Ibadah dan beberapa siswa. Data dianalisis melalui reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan, serta triangulasi untuk menguji keabsahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mampu menjalankan perannya secara efektif dengan metode pembelajaran yang sesuai, sistematis, dan mudah dipahami. Faktor pendukung utama mencakup kompetensi guru, keterlibatan orang tua, lingkungan belajar yang kondusif, dukungan teman sebaya, serta ketersediaan sarana dan prasarana. Secara keseluruhan, peran guru dan faktor pendukung tersebut berkontribusi signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap Fikih Ibadah.