KONSEP PENDIDIKAN FIKIH KELUARGA BERBASIS MAQASHID AS-SYARI’AH DALAM PERSPEKTIF KITAB AL-JAWANIB AT-TARBAWIYAH FI USHUL AL-FIQH AL-ISLAMIY KARYA MUSHTHOFA DIEB AL-BUGHO
DOI:
https://doi.org/10.58791/drs.v26i02.556Abstract
Abstrak
Agama Islam memiliki ajaran yang komprehensif dan terinci dalam masalah keluarga. Dewasa ini banyak terjadi masalah dalam pendidikan, terutama pendidikan keluarga seperti kurangnya perhatian orang tua, prahara dalam rumah tangga yang disebabkan kurangnya literasi dalam berumah tangga, dan belum adanya model pendidikan keluarga yang ideal yang menuntut perumusan konsep pendidikan keluarga yang komprehensif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep pendidikan fikih keluarga berbasis maqashid as-syari’ah serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan jenis kepustakaan. Data dikumpulkan melalui penelaahan kritis terhadap literatur, dengan sumber primer dari bab Maqashid As-Syari’ah dalam Kitab Al-Jawanib At-Tarbawiyah fi Ushul Al-Fiqh Al-Islamiy. Analisis data dilakukan dengan metode Content Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan fikih keluarga berbasis maqashid as-syari’ah mengintegrasikan hukum, etika, dan norma keluarga berdasar maqashid as-syari’ah, konsep mencakup pembentukan fondasi keimanan dan tujuan hidup, penanaman akhlak dan tanggung jawab, pengelolaan harta, pengembangan intelektual, dan metode implementasi nilai. Keberhasilan konsep dipengaruhi oleh peran pendidik, dukungan lingkungan keluarga dan masyarakat, serta faktor metode yang tepat.