KONSEP PENDIDIKAN FIKIH KELUARGA BERBASIS MAQASHID AS-SYARI’AH DALAM PERSPEKTIF KITAB AL-JAWANIB AT-TARBAWIYAH FI USHUL AL-FIQH AL-ISLAMIY KARYA MUSHTHOFA DIEB AL-BUGHO

Authors

  • Lukmanul Hakim Institut Agama Islam Darussalam Martapura Author
  • M. Quzwini Institut Agama Islam Darussalam Martapura Author
  • Khalilurrahman Institut Agama Islam Darussalam Martapura Author

DOI:

https://doi.org/10.58791/drs.v26i02.556

Abstract

Abstrak

Agama Islam memiliki ajaran yang komprehensif dan terinci dalam masalah keluarga. Dewasa  ini  banyak  terjadi  masalah  dalam  pendidikan,  terutama pendidikan  keluarga seperti kurangnya  perhatian  orang  tua,  prahara dalam rumah tangga yang disebabkan kurangnya literasi dalam berumah tangga, dan belum adanya model pendidikan keluarga yang ideal yang menuntut perumusan konsep pendidikan keluarga yang komprehensif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep pendidikan fikih keluarga berbasis maqashid as-syari’ah serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan jenis kepustakaan. Data dikumpulkan melalui penelaahan kritis terhadap literatur, dengan sumber primer dari bab Maqashid As-Syari’ah dalam Kitab Al-Jawanib At-Tarbawiyah fi Ushul Al-Fiqh Al-Islamiy. Analisis data dilakukan dengan metode Content Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan fikih keluarga berbasis maqashid as-syari’ah mengintegrasikan hukum, etika, dan norma keluarga berdasar maqashid as-syari’ah, konsep mencakup pembentukan fondasi keimanan dan tujuan hidup, penanaman akhlak dan tanggung jawab, pengelolaan harta, pengembangan intelektual, dan metode implementasi nilai. Keberhasilan konsep dipengaruhi oleh peran pendidik, dukungan lingkungan keluarga dan masyarakat, serta faktor metode yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-01