PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SAMUDA KOTA
DOI:
https://doi.org/10.58791/drs.v26i02.460Keywords:
gaya belajar, hasil belajar, pendidikan agama islamAbstract
Penelitian ini mengkaji Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 2 Samuda Kota, terutama dalam memaksimalkan gaya belajar yang mereka miliki, maka proses belajar akan menjadi lebih mudah, menyenangkan, dan tidak membosankan, sehingga prestasi belajar pun dapat meningkat. Penelitian kuantitatif dengan jenis metode korelasional dengan angket dan hasil tes. Studi ini berkontribusi pada teori dan praktik dalam pendidikan, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan strategi pembelajaran guna mencapai hasil serupa di sekolah lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel X memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Hasil uji regresi linear sederhana juga menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,131, yang berarti sebesar 13,1% variabel Y dapat dijelaskan oleh variabel X. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,038 (p < 0,05), yang menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (H₁) diterima. Bahwa gaya belajar memiliki peranan yang signifikan dalam menentukan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.