PENERAPAN KEGIATAN SENAM IRAMA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL MUSLIMAT NU MARTAPURA KABUPATEN BANJAR
DOI:
https://doi.org/10.58791/drs.v26i02.427Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan senam irama
dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B yang dilakukan oleh seorang guru kepada anak didiknya yang diajarkan dalam penerapan kegiatan senam irama dengan irama musik dan gerak anggota badan, untuk mengembangkan motorik kasar anak. Perkembangan kemampuan motorik merupakan hal yang sangat penting untuk anak sama hal nya dengan perkembangan lainnya. Bertepatan dengan hal tersebut, RA Muslimat NU Martapura adalah salah satu sekolah yang menerapkan senam irama dalam pelaksanaan kegiatan senam karena itulah peneliti melakukan penelitian di sekolah tersebut. Adapun dalam permasalahan bagaimana penerapan kegiatan senam irama dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B? dan bagaimana kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan senam irama di kelompok B Raudhatul Athfal Muslimat NU Martapura Kabupaten Banjar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini 20 orang anak dan guru kelompok B Raudhatul Athfal Muslimat NU Martapura Kabupaten Banjar.Sedangkan objeknya ialah penerapan kegiatan senam irama dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di Raudhatul Athfal Muslimat NU Martapura Kabupaten Banjar. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan kegiatan senam irama dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B, penerapan nya satu minggu dua kali yaitu pada hari selasa dan kamis, dalam pelaksanaan nya senam irama dilakukan di halaman sekolah agar tujuan penerapan kemampuan motorik kasar anak dapat tercapai dengan baik. Kegiatan senam irama guru sebagai contoh atau instruktur di depan lalu anak-anak menirukannya, ada beberapa hal yang perlu disipkan sebelum senam irama di mulai yaitu mempersiapkan handphone dan sound sistem. Kemampuan motorik kasar anak dalam kegiatan senam irama ini sudah mampu dalam mengembangkan kemampuan motorik kasarnya, karena dengan senam irama perkembangan kemampuan motorik anak dapat berkembang secara optimal, semua anggota tubuh anak bergerak, dan kecerdasan kinestiknya bertambah karena anak memperhatikan gerakan dan memikirkan gerakan tersebut.