Lingkungan Dan Perkembangan Anak Usia Dini Dilihat Dari Perspektif Psikologi
Abstract
Abstrak
Perkembangan adalah proses perubahan atau pertumbuhan yang terjadi secara bertahap dan
berkelanjutan, perkembangan mencakup peningkatan kemampuan, kematangan, dan
penyesuaian diri terhadap lingkungan. Perkembangan anak perlu didukung oleh keluarga dan
lingkungan, supaya tumbuh kembang anak berjalan secara optimal dan kelak ia menjadi
manusia dewasa yang berkualitas dan menjadi insan yang berguna baik bagi dirinya maupun
keluarga, bangsa dan negara. Secara historis, teori perkembangan anak yang terjadi sejak lahir
hingga dewasa seringkali diabaikan. Anak-anak acap dipandang sebagai versi kecil dari orang
dewasa. Teori perkembangan anak berfokus pada penjelasan bagaimana mereka berubah dan
bertumbuh. Setiap teori menyoroti pentingnya lingkungan, interaksi sosial, dan pengalaman
belajar dalam membentuk kepribadian dan kemampuan anak. Kombinasi berbagai perspektif
ini memberikan kerangka kerja yang holistik untuk mendukung pertumbuhan dan
perkembangan optimal anak usia dini.
Kata Kunci : Lingkungan, Perkembangan Anak, Psikologi