ANALISIS FAKTOR INTERNAL E-COMMERCE DI INDONESIA STUDI PADA LAZADA DAN SHOPEE
Keywords:
E-commerce, Lazada dan ShopeeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis e-commerce yang sedang berkembang di Indonesia khususnya pada situs belanja online yaitu Lazada dan Shopee. Analisis ini meliputi kelebihan dan kekurangan dari Lazada dan Shopee serta analisis SWOT dalam situs tersebut. Hasil analisis ini menunjukan bahwa Lazada dan Shopee memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing. Dari hasil analisis tersebut menunjukan bahwa Lazada memiliki kekuatan dibidang pelayanan maupun jaminan keamanan transaksi. Namun juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya mengenai sistem keamanan, dengan masih banyaknya konsumen yang mengalami penipuan. Sedangkan kekuatan yang dimiliki Shopee yaitu mudahnya cara belanja di Shopee bagi pemula, serta fitur Shopee dilengkapi chat langsung dengan penjual atau seller, dan Shopee memiliki kelebihan bisa menawar harga barang yang akan dibeli. Adapun kekurangannya Shopee tergolong marketplace baru dibandingkan e-commerce lain yang sudah ada lebih dulu, Shopee juga masih kalah pengalaman dengan marketplace lain yang sudah ada terlebih dahulu. Setiap marketplace yang terbaik dan terpecaya di Indonesia pasti tidak ada yang sempurna. Masing-masing e-commerce punya keunggulan dibandingkan dengan pesaingnya.
Kata kunci: E-commerce, Lazada dan Shopee