SHARING PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SEKOLAH PENGIMBAS SMPN 1 SUKODONO KEPADA SEKOLAH IMBAS SMP AL FATAH SUKODONO KABUPETEN JEMBER JAWA TIMUR
Abstract
Abstrak
Sejak diterapkannya kurikulum merdeka dengan berbagai nama sebelum penetapannya proyek kurikulum ini diterapkan pada sekolah penggerak. SMPN 1 Sukodono meruapakan sekolah penggerak Angkatan pertama yaitu tahun ajaran 2021/2022. Guru – guru yang dipersiapkan mengimplementasikan kurikulum merdeka mendapatkan pelatihan yang kemudian peserta pelatihan dan yang menerapkan kurikulum merdeka di sekolah penggerak pertama disebut komite pembelajaran. Salah satu bidang penerapan kurikulum merdeka ditandai adanya teaching at the right level atau biasa disebut dengan pembelajaran berdiferensiasi.
Keyword : Pembelajaran berdiferensiasi, pengabdian.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Anastasi, A. (1997). Psychological Testing. Macmillan.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Longman.
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice Hall.
Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2001). An Introduction to Theories of Learning. Prentice Hall.
Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2001). An Introduction to Theories of Learning. Prentice Hall.
Hidi, S., & Renninger, K. A. (2006). The Four-Phase Model of Interest Development. Educational Psychologist, 41(2), 111–127.
Kerlinger, F. N. (1986). Foundations of Behavioral Research. Holt, Rinehart and Winston.
Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research and Evaluation Methods. Sage Publications.
Piaget, J. (1954). The Construction of Reality in the Child. Basic Books.
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, R. E. (2015). Educational Psychology: Theory and Practice. Allyn & Bacon.
Sternberg, R. J. (1985). Beyond IQ: A Triarchic Theory of Human Intelligence. Cambridge University Press.
Sudirman. (2018). Pengembangan Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Suparno, P. (2013). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Association for Supervision and Curriculum Development.
Tomlinson, C. A., & McTighe, J. (2006). Integrating Differentiated Instruction and Understanding by Design. Association for Supervision and Curriculum Development.
Vroom, V. H. (1964). Work and Motivation. Jossey-Bass.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society. Harvard University Press.
WHO (2018). Health and Education. World Health Organization.
Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.