TUJUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA (SISDIKNAS) ANALISIS DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Keywords:
psikologi , pendidikan, IndonesiaAbstract
Pendidikan pada dasarnya memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Sehingga pendidikan seakan-akan menjadi pondasi yang harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Pendidikan memiliki tujuan utama yaitu menciptakan dan mengembangkan potensi manusia agar manusia memiliki kesiapan dalam menjalani kehidupan di kemudian hari. Karena pendidikan menjadi salah satu faktor penentu dalam keberhasilan sebuah negara dan menanggung tanggung jawab yang besar pada suatu negara. Hal inilah yang menjadi alasan bahwa pendidikan di sebuah negara perlu terus ditingkatkan sehingga dapat berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, penulis ingin menganalisis nilai-nilai tujuan pendidikan di Indonesia dalam perspektif psikologi pendidikan dan menganalisis makna nilai-nilai tujuan pendidikan di Indonesia dalam perspektif psikologi pendidikan dengan menggunakan metode kualitatif jenis non interactive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tujuan pendidikan aspek afektif adalah nilai keimanan, aspek kognitif adalah nilai perkembangan, dan aspek psikomotor adalah nilai sosial. Adapun makna nilai keimanan tersebut adalah diharapkan menjadi individu yang beragama. Aspek kognitif adalah nilai perkembangan, adapun makna dari nilai tersebut menunjukkan bahwa pentingnya pertumbuhan dan perkembangan sehingga dapat menjadi individu yang sehat, berilmu dan cakap. Sedangkan aspek psikomotor adalah nilai sosial, nilai ini diharapkan dapat menjadi individu yang saling menghargai di atas perbedaan beragam karakteristik dan mampu berinteraksi dengan baik di tengah lingkungan masyarakat