PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNTUK PEMBELAJARAN IPA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH
Keywords:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, IPA, Madrasah IbtidayahAbstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Madrasah Ibtidaiyah memerlukan perencanaan yang matang agar sesuai dengan karakteristik siswa serta sumber daya yang tersedia. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadi instrumen penting dalam memandu proses pembelajaran yang efektif. Tujun penelitian in yaitu mengkaji lebih dalam mengenai proses penyusunan RPP dan prinsip-prinsip standar proses no.65 tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti dokumen, buku,dan sebagainya. Penelitian ini memberikan panduan praktis bagi guru di Madrasah Ibtidaiyah dalam menyusun RPP untuk pembelajaran IPA. Dengan memperhatikan aspek-aspek yang disoroti dalam makalah ini, diharapkan proses pembelajaran akan lebih terarah, sesuai dengan kebutuhan siswa, dan meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA di lingkungan madrasah tersebut.