REALISASI KONSEP DASAR BELAJAR, MENGAJAR SEBAGAI PENGUATAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SD/MI
Abstract
Abstrak
Pemahaman konsep dasar belajar memiliki urgensi yang tidak terbantahkan dalam konteks pendidikan yang efektif dan berkelanjutan. Pentingnya pendekatan mengajar yang tepat dan strategi pembelajaran yang relevan untuk menciptakan dasar yang kokoh bagi pemahaman ilmiah siswa. Semua aspek pengajaran dirancang dengan cermat untuk memastikan bahwa proses pembelajaran mencapai tujuan. Ditemukan kurangnya pemahaman pendidik tentang konsep belajar dan mengajar yang menyebabkan pembelajaran IPA dianggap siswa kurang menarik, sulit, kurang semangat yang disebabkan oleh pendidik kurang mengembangkan teknik pembelajaran yang variatif sehingga minat belajar rendah dan mengakibatkan motivasi belajar IPA menjadi minim. Tujuan penelitian ini hanya pada aspek mendeskripsikan realisasi konsep dasar dan mengajar sebagai upaya penguatan motivasi siswa pada pembelajaran IPA SD/MI. penelitian ini akan mengulas peran guru IPA mengajar IPA apakah dapat merealisasikan konsep belajar dan mengajar dengan baik. Metode yang digunakan pada artikel ini adalah pendekatan kualitatif yang berorientasi pada mendeskripsikan fenomena yang terjadi. Subjek penelitian ini 13 orang guru IPA dari 13 lembaga pendidikan tingkan SD/MI. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 13 Guru IPA SD/MI tidak semuanya dapat merealisasikan konsep dasar belajar dan mengajar dengan tepat. Berbagai faktor yang menyebabkan ini terjadi diantaranya, riwayat pendidikan, keahlian guru yang tidak sesuai dengan mata Pelajaran yang di ampu dan pengalaman mengajar guru. Persepsi guru yang belum singkron terhadap pemilihan strategi, metode dan media pembelajaran adalah salah satu penyebab kegagalan dalam merealisasikan konsep dasar belajar dan mengajar IPA. Guru masih menganggap yang terpenting dalam pembelajaran IPA adalah aspek penyampaian saja. Sehingga hubungan interaksi antara guru dan siswa masih minim dan ini berdampak terhadap minat siswa yang masih tergolong rendah yang menyebabkan motivasi siswa boleh dikatakan masih kurang.
Kata kunci: Konsep Dasar, Belajar, Mengajar, Motivasi, IPA, SD/MI