NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU BIOGRAFI NURCHOLISH MADJID DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK (Telaah Buku Cak Nur, Sang Guru Bangsa Karya Muhammad Wahyuni Nafis)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku biografi Nurcholish Madjid yang berjudul Cak Nur Sang Guru Bangsa Karya Muhammad Wahyuni Nafis dan relevansinya dengan materi membiasakan akhlak terpuji pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII tahun 2020 di Madrasah Tsanawiyyah. Penelitian ini bermanfaat untuk memperkaya khazanah keilmuan bagi peneliti sejarah dan pemikiran Islam dan untuk referensi dalam dunia Pendidikan Agama Islam.
Penelitian yang bersifat Library research atau studi kepustakaan dalam arti semua datanya berasal dari bahan tertulis, yakni penulis mempelajari dan menelaah bahan-bahan pustaka khususnya yang berkenaan dengan masalah nilai-nilai pendidikan karakter dan akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan analisis isi (Content Analysis) dan metode deskriptif. Analisis isi digunakan untuk mengungkap, memahami, dan menangkap isi tulisan, sedang metode deskriptif untuk membahas objek penelitian secara apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh.
Penelitian ini menemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku biografi Cak Nur Sang Guru Bangsa yaitu: religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, cinta tanah air, komunikatif/bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Adapun relevansi buku Cak Nur Sang Guru Bangsa dengan mata pelajaran akidah akhlak meliputi: Ikhtiar, tawakal, syukur, sabar, qana’ah, husnuzan, tawadu, tasamuh, dan ta’awun.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan karakter, Akidah Akhlak, Nurcholish Madjid.