Penerapan Program Adiwiyata Di Sekolah Dasar Negeri Tambak Anyar
Abstract
Abstrak
Lingkungan merupakan isu permasalahan tersendiri dalam dunia pendidikan dan salah satu bukti berhasilnya sebuah pendidikan ialah meningkatnya taraf lingkungan yang baik. Kesadaran lingkungan penting untuk diterapkan di sekolah, yaitu dengan program sekolah adiwiyata sebagai program lingkungan hidup dan menjadi sarana yang menghasilkan sumber daya manusia yang melaksanakan prinsip pembangunan berkelanjutan yaitu mempertahankan kualitas hidup bagi seluruh manusia pada masa ini dan masa depan dengan prinsip kesejahteraan ekonomi, keadilan sosial dan pelestarian lingkungan.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, fokus penelitian ini mendeskripsikan bagaimana penerapan program Adiwiyata di Sekolah Dasar Negeri Tambak Anyar dan penulis menguraikan fokus penelitian tentang bagaimana proses penerapan progam adiwiyata di Sekolah. Dan apa saja program adiwiyata disekolah serta manfaat dari penerapan program adiwiyata bagi Sekolah Dasar Negeri Tambak Anyar.
Kesimpulan dari penelitian di Sekolah Dasar Negeri Tambak Anyar mengenai penerapan program adiwiyata yaitu tentang: 1) mengetahui proses penerapan adiwiyata 2) macam-macam program adiwiyata di sekolah. 3) apa saja manfaat adiwiyata bagi sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat program adiwiyata disekolah yaitu a) Sosialisasi terhadap pelaksanaan kebijakan program Adiwiyata b) Adanya pengolahan sampah dengan prinsip 3R (Reuse, Reduce dan Recycle). c) Peraturan dalam kelas. d) Pengelolaan lingkungan sekolah dan e) Adanya Greenhouse.
Kata kunci: Penerapan, Program Adiwiyata,SDN Tambak Anyar