KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KUALITAS KEHIDUPAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN PSIKOLOG
Keywords:
Kecerdasan Emosional, Kualitas Hidup, Islam, Psikologi, Kesejahteraan Mental, Pengelolaan EmosiAbstract
Kecerdasan emosional (KE) merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualitas hidup individu, terutama dalam menghadapi tantangan dan tekanan kehidupan modern yang sering kali memunculkan stres, kecemasan, dan konflik interpersonal. Jurnal ini bertujuan untuk mengkaji kecerdasan emosional sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas hidup, dengan mengintegrasikan dua perspektif utama: Islam dan psikologi kontemporer. Dalam perspektif Islam, pengelolaan emosi yang baik sangat erat kaitannya dengan pengendalian diri (nafs), kesabaran, empati, dan pencapaian kedamaian batin, yang pada gilirannya mendukung keseimbangan spiritual dan mental seorang individu. Islam mengajarkan pentingnya mengelola emosi secara bijaksana untuk mencapai ketenangan jiwa dan hubungan yang harmonis dengan sesama. Di sisi lain, psikologi modern menekankan pentingnya kesadaran diri, regulasi emosi, serta keterampilan sosial yang menjadi dasar dalam menciptakan kesejahteraan mental dan memperbaiki kualitas hubungan interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana prinsip-prinsip dalam kedua perspektif tersebut dapat saling melengkapi dan diterapkan untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang, baik dalam ranah pribadi maupun sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur, jurnal ini menggali pemahaman mendalam mengenai hubungan antara kecerdasan emosional, kesejahteraan mental, dan interaksi sosial dalam konteks ajaran Islam serta teori psikologi kontemporer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan emosional, yang menggabungkan nilai-nilai spiritual Islam dan teori psikologi modern, dapat memberikan dampak positif tidak hanya dalam meningkatkan kesehatan mental individu, tetapi juga dalam memperkuat ketahanan mental, membangun hubungan sosial yang lebih baik, serta mencapai kedamaian dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, jurnal ini memberikan kontribusi penting dalam memahami peran kecerdasan emosional sebagai salah satu alat utama untuk meningkatkan kualitas hidup dalam konteks sosial dan spiritual di era modern.
References
DAFTAR PUSTAKA
Sumber Buku
Agustian, A. G. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ. Jakarta: Arga.
Al-Za’balawi, M. S. M. (2007). Pendidikan Remaja; Antara Islam dan Ilmu Jiwa. Jakarta: Gema Insani.
Asrori, A. (2009). Hubungan Kecerdasan Emosi dan Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa Kelas VIII Program Akselerasi di SMP Negeri 9 Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Auliya, M. D. Y. (2005). Melejitkan Hati dan Otak Menurut Petunjuk al-Qur’an dan Neurologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azwar, S. (1996). Pengantar Psikologi Inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Efendi, A. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Elias, J., Maurice, et al. (2000). Cara-Cara Efektif Mengasuh Anak Dengan EQ. Bandung: Kaifa.
Feldman, R. (1987). Understanding Psychology. New York: McGraw-Hill.
Gardner, H. (2006). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.
Garrison, K. C., & Magoon, R. A. (1972). Educational Psychology: An Integration of Psychology and Educational Practices. Charles E. Merril Publishing Company.
Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence. New York: Bantam Books.
Goleman, D. (2000). The Emotionally Intelligent Workplace: How to Select for, Measure, and Improve Emotional Intelligence in Individuals, Groups, and Organizations. Jossey-Bass.
Goleman, D. (2006). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D. (2006). Social Intelligence: The New Science of Human Relationships. Bantam Books.
Hasan, A. B. P. (2008). Psikologi Perkembangan Islam: Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia Dari Pra Kelahiran Hingga Pasca Kematian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Makmun, A. S. (1996). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mashar, R. (1974). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Penanganannya. Jakarta: Publisher.
Masyhur, A. A. (2010). Pendidikan Islam di Tengah Perubahan Zaman. Pustaka Al-Kautsar.
Muallifah. (2008). Psycho Islamic Smart Parenting. Jogjakarta: Diva Press.
Shapiro, L. E. (2003). Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Shihab, M. Q. (2006). Menabur Pesan Ilahi: Al-Qur’an dan Dinamika Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Lentera Hati.
Subhi, A. M. (t.th). Al-Falsafah al-Ahklāqiyah fi al-Fikri al-Islām. Mesir: Dar al-Ma’arif.
Sukamto. (1984). Sejarah Perkembangan Tes Intelegensi Suatu Sarana Pengungkap Psikologis. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Cokroaminoto.
Whittaker, J. O. (1970). Introduction to Psychology. Tokyo: Toppan Company.
Sumber Artikel Jurnal
Ali, R. (2019). Character Education in Islam: Philosophical and Pedagogical Approaches. Journal of Islamic Education, 10(1).
Aununrrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Keefer, K. V., Parker, J. D. A., & Saklofske, D. H. (2018). Three Decades of Emotional Intelligence Research: Perennial Issues, Emerging Trends, and Lessons Learned in Education: Introduction to Emotional Intelligence in Education. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-90633-1.
Lestari, F. A. (2021). Literatur Review: Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Akhlak Siswa. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).
Nurikasari, N. (2022). Pengembangan Kecerdasan Emosi (Emotional Intelligence) Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa (Studi Kualitatif Pada Siswa Kelas I SD Al Azhar Syifa Budi Telaga Bestari Tangerang Banten). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/732/
Nurjana, N. (2021). Kecerdasan Emosional Meningkatkan Kreatifitas Guru Dalam Mengajar. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1). https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v3i1.291
Rahayu, S. (2018). Implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas VII.3 SMP Negeri 1 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/669/
Riyadi, I. (2015). Integrasi Nilai-Nilai Kecerdasan Emosional Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA: Perspektif Daniel Goleman. Jurnal Studia Islamika, 12(1).
Veljkovi’c, S. M., Nesi, A., Dudi, B., Gregus, M., Deli, M., & Mesko, M. (2020). Emotional Intelligence of Engineering Students as Basis for More Successful Learning Process for. MDPI Journal.
Yatim, M. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Agama Islam. Journal of Islamic Education, 35(4).