PENGARUH PENGUASAAN ILMU ALAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB FIQIH SYARAH SITTIN SANTRI DI PONDOK PESANTREN MURA’ATUL LUGHAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai penguasaan ilmu alat dan kemampuan membaca kitab fiqih Syarah Sittin santri tingkatan Tafaqquh Fiddin di Pondok Pesantren Mura’atul Lughah dan sekaligus menganalisis penguasaan ilmu alat berpengaruh terhadap kemampuan membaca fiqih Syarah Sittin santri tingkatan Tafaqquh Fiddin di Pondok Pesantren Mura’atul Lughah atau tidak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey berdasarkan masalah yang akan diteliti. Populasi pada penelitian ini sebesar 247 santri putera dengan sampel 71 santri yang dipilih menggunakan teknik Probability Sampling menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dan dokumentasi nilai tes membaca kitab. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskiptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh suatu kesimpulan bahwa (1) penguasaan ilmu alat santri tingkatan Tafaqquh Fiddin di Pondok Pesantren Mura’atul Lughah berada pada kategori sedang dengan persentase 64,8% (2) Kemampuan membaca kitab fiqih Syarah Sittin santri tingkatan Tafaqquh Fiddin di Pondok Pesantren Mura’atul Lughah berada pada kategori sedang dengan persentase 53,5%. (3) Terdapat pengaruh positif antara penguasaan ilmu alat terhadap kemampuan membaca kitab fiqih Syarah Sittin. Adapun sumbangan atau kontribusi yang diberikan variabel X (penguasaan ilmu alat) terhadap variabel Y (kemampuan membaca kitab fiqih Syarah Sittin) sebesar 24,7% dan 75,3% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.