Penggunaan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio Visual
Abstract
Abstract
The use of audio-visual based Arabic language learning media is increasingly important in increasing learning effectiveness. This research aims to analyze the impact of audio-visual media on students' Arabic language skills. By utilizing videos, audio recordings and interactive presentations, learning becomes more interesting and interactive. The research method used is a case study in several secondary schools that implement this media in their curriculum. By using relevant technology, students can more easily understand the cultural and linguistic context of Arabic. Overall, the integration of audio-visual media in Arabic language learning has the potential to increase the effectiveness and efficiency of the teaching and learning process. The results show that students who learn with audio-visual media show significant improvements in listening, speaking and vocabulary comprehension skills. Apart from that, this media also contributes to increasing students' motivation and interest in Arabic. This research recommends wider integration of audio-visual media in Arabic language learning to achieve better results.
Keywords: Learning media, Arabic, Audio-Visual
Abstrak
Penggunaan media pembelajaran bahasa Arab berbasis audio visual semakin penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak media audio visual terhadap kemampuan berbahasa Arab siswa. Dengan memanfaatkan video, rekaman audio, dan presentasi interaktif, pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif.[1] Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus di beberapa sekolah menengah yang menerapkan media ini dalam kurikulum mereka. Dengan menggunakan teknologi yang relevan, siswa dapat lebih mudah memahami konteks budaya dan linguistik bahasa Arab. Secara keseluruhan, integrasi media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab berpotensi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar. Hasil menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan media audio visual menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan mendengarkan, berbicara, serta pemahaman kosakata. Selain itu, media ini juga berkontribusi dalam meningkatkan motivasi dan minat siswa terhadap bahasa Arab. Penelitian ini merekomendasikan integrasi media audio visual secara lebih luas dalam pembelajaran bahasa Arab untuk mencapai hasil yang lebih baik
Kata Kunci: Media pembelajaran, Bahasa Arab, Audio-Visual
Downloads
References
Daftar Pustaka
Amzaludin, Amzaludin, and Indhun Qurottul Ain. “Akun TikTok (@kampungarabalazhar) Sebagai Media Belajar Bahasa Arab Online.” Jurnal Simki Pedagogia 6, no. 2 (May 8, 2023): 554–65.
Ar, H. Sujono. “Mengembangkan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial 20, no. 1 (January 15, 2022): 25–42.
Azizah, Cindy Putri Nur, and Subiyantoro Subiyantoro. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Menunjang Mutu Pendidikan Sekolah.” Kelola: Journal of Islamic Education Management 8, no. 1 (April 30, 2023): 11–28.
Fajriyani, Wilda Surya, and Faisal Hendra. “Penggunaan Media Audiovisual Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan West Science 2, no. 2 (May 7, 2024): 56–61.
Furoidah, Asni. “Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Fusha : Arabic Language Education Journal 2, no. 2 (September 4, 2020): 63–77.
Hamidi, Kurniawan, and Wan Jamaluddin. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Video Animasi Interaktif Untuk Siswa Madrasah Aliyah.” Journal on Education 5, no. 2 (January 29, 2023): 5289–96.
Harahap, Ahmad Yunus Mokoginta. “Analisis Pembelajaran Daring Di Madrasah Aliyah An-Nur Bener Meriah.” Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam 12, no. 1 (September 2020): 144–58.
Nurfadhillah, Septy, and Siti Fadhilatul Barokah. “PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 1 MI AL HIKMAH 1 SEPATAN.” PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (April 2021): 149–65.
Pratiwi, Ranti. “Pengaruh Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Siswa Kelas V Di MIS Al-Hidayah CK.” SIWAYANG Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Pariwisata, Kebudayaan, Dan Antropologi 1, no. 2 (June 30, 2022): 85–92.
Raudatussolihah, Baiq. “Pengembangan Teknologi Audio-Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Education and Learning Journal 3, no. 1 (July 26, 2022): 53.
Sari, Febi Anita. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Sistem Pembelajaran.” ENTINAS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran 2, no. 2 (July 2024): 414–21.
Syamsuddin, Naidin. “Pengembangan Teknologi Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Konsepsi 10, no. 4 (2022): 414–18.
Syarofi, Ach. “Audio-Visual Based Arabic Learning Through Social Media: Youtube, Tiktok, Instagram, Facebook.” Kitaba 1, no. 1 (May 23, 2023): 1–11.