Implementasi Strategi Reading Aloud Dalam Pembelajaran Fiqh Di MTs Al Hamidiyah Desa Tangkas Martapura Barat
Abstract
ABSTRAK
Guru Fiqh di MTs Al-Hamidiyah Desa Tangkas Martapura Barat telah menerapkan strategi Reading Aloud, siswa diberikan materi yang terdapat dalam buku dan siswa diminta untuk membacanya dengan suara yang keras sehingga dalam pembelajaran siswa sangat antusias ingin membaca.
Masalah yang diteliti dirumuskan, bagaimana Implementasi Strategi Reading Aloud Dalam Pembelajaran Fiqh Di MTs Al - Hamidiyah Desa Tangkas Martapura Barat, dengan rumusuan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Implementasi strategi reading aloud dalam pembelajaran fiqh di MTs Al-Hamidiyah Desa Tangkas Martapura Barat? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat di dalam Implementasi strategi reading aloud dalam pembelajaran fiqh di MTs Al-Hamidiyah Desa Tangkas Martapura Barat?
Penelitian langsung kelapangan dengan observasi ke tempat penelitian meliat keadaan serta tempat penelitian yang berkaitan dengan masalah yang ingin peneliti teliti, kemudian melalui wawancara langsung peneliti juga mendapatkan data yang di minta mengenai permasalahan yang ingin peneliti teliti.
Hasil Penelitian Implementasi strategi reading aloud dalam pembelajaran fiqh di MTs Al-Hamidiyah Desa Tangkas Martapura Barat, yaitu: dapat diketahui bahwa strategi Reading Aloud efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, melatih pengucapan, serta mendorong partisipasi aktif dalam pembelajaran Fiqh. Pada tahap perencanaan, guru terlebih dahulu menyusun RPP, memilih materi yang relevan, serta mempersiapkan bahan ajar. Pada tahap pelaksanaan, guru membagi teks untuk dibaca secara nyaring oleh siswa, disertai diskusi dan tanya jawab. Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Faktor pendukung meliputi pendidikan, pengalaman, dan kompetensi guru, sedangkan faktor penghambat mencakup variasi pemahaman siswa dan banyaknya materi yang harus diajarkan. Kesimpulannya, strategi Reading Aloud berdampak positif dalam pembelajaran Fiqh, namun memerlukan penyesuaian berdasarkan kondisi siswa dan materi ajar.
Kata Kunci: Implementasi, Strategi Reading Aloud, Pembelajaran Fiqh